Posted by: Arief Hilman Arda | February 24, 2010

Manfaat Penelitian Bagi Kemajuan Bangsa

MANFAAT PENELITIAN BAGI KEMAJUAN BANGSA

Arief Hilman Arda


Bagaimana manusia mengetahui kebenaran dari sesuatu? Ada beberapa cara yang biasa dipakai untuk mencari kebenaran ini. Pertama, dengan mengacu kepada otoritas. Kedua, mengacu kepada kebiasaan-kebiasaan yang ada pada masyarakat, hal-hal yang dianggap umum/ lazim pada masyarakat, misalnya primbon pada masyarakat Jawa atau feng shui pada masyarakat Cina. Ketiga, mengacu kepada kekuatan supranatural/ mistik. Keempat, menggunakan akal sehat.

Cara yang keempat ini telah berproses secara evolusi dari zamannya Aristoteles hingga zamannya Francis Bacon sampai mencapai bentuknya dengan apa yang kita sebut sebagai metode ilmiah (Adian, 2002: 36). Semua langkah-langkah dari metode ilmiah dari perumusan masalah, pengajuan hipotesis, pengambilan sampel, verifikasi sampai perumusan tesis itulah yang biasa disebut penelitian, baik itu penelitian alam maupun penelitian sosial.

Pencarian kebenaran melalui penelitian bukan hanya dimaksud sebagai pencarian  kebenaran dari dua hal yang dipertentangkan benar atau salahnya. Pengertian kebenaran ini lebih luas lagi menjadi mencari apa yang belum diketahui oleh manusia tentang sesuatu hal. Alasan ini merupakan penyebab terbesar kenapa orang melakukan penelitian. Ada harapan yang tersirat dari setiap penelitian bahwa hasilnya akan menolong memecahkan masalah atau memperbaiki kondisi dengan cara tertentu sehingga perolehan pengetahuan melalui penelitan dapat memperbaiki kualitas hidup umat manusia pada umumnya. (Chadwick, 1991:28-29).

Coba bandingkan tujuan dari penelitian dari paragraf di atas dengan pengertian konsep pembangunan yang diberikan oleh Suparlan di bawah ini:

“Pembangunan dapat didefenisikan sebagai serangkaian upaya yang direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintah, badan-badan atau lembaga-lembaga internasional, nasional, atau lokal yang terwujud dalam kebijaksanaan, program atau proyek yang secara terencana merubah cara-cara hidup atau kebudayaan dari suatu masyarakat sehingga warga masyarakat tersebut dapat hidup lebih baik atau lebih sejahtera daripada sebelum adanya pembangunan tersebut” (Suparlan, 1997: 61).

Dari abstraksi dua konsep tersebut, pembangunan dan penelitian terdapat tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia sehingga kehidupannya lebih baik dan lebih sejahtera. Di tingkat abstraksi dua konsep ini tidak terdapat pertentangan. Secara teori, pembangunan harus dilakukan dengan melibatkan proses penelitian di dalamnya.

Penelitian dilakukan sebagai upaya permulaan untuk mengidentifikasi adanya masalah-masalah yang berkaitan dengan pembangunan di Indonesia. Penelitian bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembuat keputusan untuk memformulasikan, mengimplementasikan dan mengkomunikasikan kebijakan dari pembuat keputusan. Temuan dari penelitian yang dilakukan kemudian diperhitungkan sebagai masukan-masukan bagi pembuat kebijakan. Masukan-masukan dari hasil penelitian ini dapat berupa memberikan alternatif-alternatif dalam menyusun program-program pembangunan dengan memberikan pertimbangan pada masing-masing alternatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang didapat  dari penelitian.

Proses di atas dilakukan sebelum program-program pembangunan dilaksanakan pada masyarakat. Fungsi proses penelitian tidak berhenti sampai di sana saja. Penelitian harus terus dilakukan sebelum program pembangunan diimplementasikan, ketika program pembangunan dilaksanakan dan sesudah program pembangunan dilakukan.

Ketika program pembangunan berjalan, penelitian harus terus dilakukan untuk menganalisa kelebihan atau kelemahan yang berhubungan dengan faktor-faktor sosial budaya dari proyek pembangunan tersebut. Jika ada hambatan yang terdapat selama program pembangunan dilakukan, dengan penelitan dapat diketahui penyebabnya dan segera dicarikan jalan keluarnya.

Setelah program pembangunan selesai, selanjutnya dilakukan studi evaluasi untuk mempelajari dampak dari program pembangunan tersebut. Suatu program dapat dikatakan berhasil jika program tersebut memberikan manfaat bagi masyarakat sesuai dengan tujuan dasar pembangunan yang telah kita bahasa di depan yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Dalam kasus Indonesia, banyak program-program pembangunan yang salah arah dan salah tujuan.  Dari beberapa penyebab dari kegagalan program pembangungan di Indonesia, salah satu adalah tidak didukungnya setiap program pembangunan dengan data dari hasil penelitian yang valid sehingga ketika diterapkan di lapangan banyak program pembangunan tersebut yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan dari masyarakat.

Salah satu penyebab dari lemahnya penggunaan data penelitian di Indonesia adalah lebih sukanya pembuat kebijakan di pusat untuk menggunakan teori umum dalam menyusun sebuah program pembangunan dengan mengacuhkan keanekaragaman kebutuhan dasar dan nilai-nilai masyarakat Indonesia.

Pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kemajuan bangsa dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Penelitian dilakukan untuk mendapat kebenaran/pengetahuan tentang sesuatu hal yang belum kita ketahui dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya secara ilmiah. Kedua konsep di atas saling berhubungan. Pembangunan akan berjalan sesuai dengan apa yang dicita-citakan jika ditunjang dengan penelitian yang bermutu. Kemajuan bangsa akan tercapai jika pembangunannya berjalan dengan lancar.

Referensi

Adian, Donny Gahral. Menyoal Objektifisme Ilmu Pengetahuan: Dari David Hume Sampai   Thomas Kuhn. Jakarta: Penerbit Teraju, 2002.

Chadwick, Bruce A, dkk.  Metode Penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: IKIP Semarang Press, 1991.

Suparlan, Parsudi.  “Antropologi dan Pembangunan” dalam Koenjtaraningrat dan Antropologi di Indonesia (E.K.M. Masinambow, Ed.), hlm 61-67. Jakarta: Yayasan Obor, 1997.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: